Percabangan dengan if dalam c++

10.38
OM SUASTY ASTU,

Percabangan dengan if dalam c++ - Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering dihadapkan dengan kondisi dimana kita diharuskan untuk memilih beberapa hal yang berbeda dan memiliki hasil yang berbeda . Karena dalam kehidupan sering terjadi yang namanya penentuan keputusan atau pemilihan kondisi maka hal ini diadopsi ke dalam pemrograman untuk memenuhi kebutuhan itu. Dalam pemrograman pemilihan kondisi ini pasti menciptakan sebuah percabangan dimana jika kita memilih ini maka akan menimbulkan hal yang berbeda. Baiklah kawan kali ini saya akan Membagikan sedikit apa yang saya dapat di Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung tentang percabangan dalam bahasa pemrogramman c++ disini saya fokus kepada penggunaan if untuk switch case akan saya bahas di postingan selanjutnya.

IF addalah suatu sintax yang digunakan untuk melakukan pemilihan suatu statement bedasarkan suatu kondisi . Statement itu sendiri akan dijalankan apabila jika kondisinya sesuai atau bernilai benar dan tidak akan dijalankan jika kondisi tidak bernilai benar. Untuk kondisi sendiri biasanya menggunakan operator relasi untuk melakukan pengecekan apakah bernilai benar atau salah. untuk operator relasi kalian dapat melihatnya di postingan saya sebelumnya yaitu :
Menurut penggunaannya STRUKTUR  IF sediri dibagi menjadi tiga yaitu :

STRUKTUR IF SATU KONDISI

Struktur ini merupakan struktur paling sederhana karena hanya ada satu kondisi yang dipertimbangkan dan jika kondisi salah maka akan lanjut ke command selanjutnya setelah if. STRUKTUR IF SATU KONDISI :
if (kondisi)
statement;
catatan : jika terdapat lebih dari satu statement maka penulisan statemen harus berada dalam Kurung kurawal {} karena jika tidak diberi kurung kurawal statement yang dijalankan hanya baris pertama setelah if (kondisi) menjadi 
if (kondisi){
statement1
statement2;}

STRUKTUR IF DUA KONDISI

Pada struktur ini ada statementtrue yang akan dijalankan jika sesuai dengan kondisi atau bernilai benar dan jika tidak sesuai dengan kondisi maka akan dijalankan statementfalse. STRUKTUR IF DUA KONDISI  :
if (kondisi){
statementtrue; }
else{
statementfalse;}

STRUKTUR IF TIGA KONDISI ATAU LEBIH

Pada struktur ini sangat komplek dimana kondisi bisa lebih dari dua bahkan bisa tak terhingga wkwkwkwk 😜😝😛 dimana statement1 akan dijalankan jika memenuhi kondisi1 dan statement 2 akan dijalankan jika memenuhi kondisi2 dan seterusnya. struktur dari IF TIGA KONDISI ATAU LEBIH :
if (kondisi1){
statement1;}
else if (kondisi2){
statement2;}

else{
statement jika semua kondisi tidak terpenuhi;}

Contoh program C++ penggunaan if :


#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
    int nilai;
    char npm[10],nama[30],matakuliah[30],mutu;
cout<<"masukan npm         =";
cin>>npm;
cout<<"masukan nama        =";
cin>>nama;
cout<<"masukan mata kuliah =";
cin>>matakuliah;
cout<<"masukan nilai       =";
cin>>nilai;
if (nilai>0 && nilai<=45){
    mutu='E';
    }
 
else if (nilai>45 && nilai<=55){
    mutu='D';
    }
 
else if (nilai>55 && nilai<=65){
    mutu='C';
    }else if (nilai>65 && nilai<=75){
    mutu='B';
    }
 
else if (nilai>75 && nilai<=100){
    mutu='A';
}
 
else{
    cout<<"Nilai yang anda inputkan salah";};
cout<<"Mahasiswa dengan npm "<<npm<<" atas nama "<<nama<<" pada matakuliah ";
 
cout<<endl;
cout<<matakuliah<<" mendapat nilai "<<mutu;
return (0);
}
tampilanya yaitu :


Diatas saya menggunakan progam CodeBlock dalam pemrograman C++ untuk mengetahui cara pembuatan program c++ di CodeBlock dapat melihat postingan saya sebelumnya yaitu : 

Sekian postingan saya kali ini terima kasih karena sudah berkunjung saya minta map jika ada kesalahan . dan tidak lupa Salam BLOOGER!!!

OM SANTI, SANTI, SANTI OM.


 
Previous
Next Post »
0 Komentar

Saran artikel untuk Anda !

ASUS ZenBook UX333, UX433 & UX533 | The World's Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop

Om Suastyastu, Sekarang ASUS sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. ASUS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang...