cara Installasi Python di Windows 7/8/10 Dengan Mudah

12.26
Om Suastyastu,

Hallo Sobat yang haus akan ilmu, jumpa lagi dengan saya sang blogger pemula yang postingannya gaje semua wkwkwkwk. Kali ini saya akan membahas sedikit cara mengistall Python di Windows terutama di windows 8.1, tapi pada umumnya caranya  sama aja ya kawan-kawan yang penting adalah pemilihan versi Python yang akan kita gunakan saya sarankan gunakan versi terbaru yang sudah dengan firtur terbaru dan pastinya bug fixed. setelah itu pilih aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi kalian baik itu windows 64 bit atau 32 bit ya hal ini mungkin, tidak usah saya jelaskan lagi ya kawan. kalian dapat mendownloadnya di website resmi Python di www.python.org atau bisa langsung kunjungi : Download Python For Windows

Untuk yang Windowsnya 32 bit download yang windows x86 executable installer dan untuk yang Windowsnya 64 bit download yang windows x86-64 executable installer.

biar langsung bisa di install nanti maka langsung download python yang bereksistensi file exe.

Oke baiklah jika alplikasi nya sudah siap maka let's go to topic yaitu cara install Python 3.6.2 di windows :

1. Buka folder tempat kalian menyimpan aplikasi Pythonnya dan lalu klik dua kali file tersebut jika diminta hak akses administrator pilih ok.


2. Maka setup installasi python akan keluar lalu centang pada bagian bawah yaitu Add Python 3.6 to PATH fungsinya agar nanti Python terintegrasi dengan windows jadi nanti kita bisa membuka Python melalui CMD dan jika kawan-kawan memiliki masalah Python tidak bisa dibuka/dipanggil lewat CMD maka inilah jawabanya kawan. lalu pilih Install Now untuk langsung menginstall paket yang telah ditentukan sehingga kita tidak perlu mengatur lagi. Namun untuk jika kalian ingin mengubah lokasi file Python dan memilih firtur tertentu unutk diinstall maka pilih Customize installation.


3. Proses installasi pun sudah berjalan dan di tunggu ya kawan enggak lama kok wkwkwkw cuman 20 han mb.


4. Jika berhasil maka akan muncul seperti di bawah dimana ada pesan Setup was succesful lalu kawan-kawan sudah boleh mengclose nya.


5. Kawan-kawan dapat mengeceknya apakah sudah Python sudah terinstall dengan melihatnya di daftar program pada start windows. Seperti yang kalian lihat Python 3.6.2 saya sudah terinstall dimana ada empat yaitu IDLE Python 3.6.2 untuk membuat program python baru, Python 3.6.2 untuk menjalankan file bereksistensi .py (eksistensi dari file program Python), Python 3.6 Manual dan Python  3.6 Module.



6. Lalu ayo coba kita jalankan IDLE Python dengan double klik.


7. Maka Aplikasi Python 3.6.2 Shell pun terbuka disini kalian dapat membuat program dan secara langsung tau apakah kode yang kita buat itu benar atau tidak ? karena saat kita mengenter satu script perintah pada Python Shell maka hasil dari perintah itu akan dimunculkan secara langsung.


8. Kalian dapat membuat file baru dengan klik pada file pilih new atau Ctrl+n.


Sekian postingan kali ini kawan jangan lupa ikuti terus updatetan terbaru dari blog ini ya dan tentunya jika ada kesalahan dari postingan ini saya minta maaf  akhir kata Salam Blogger!!! buang rasa malasmu dan teruslah berbagi kebaikan!


Om Santi, Santi, Santi Om

Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Halo, Pak, terimakasih pemaparannya sangat mudah dimengerti,saya sekalian izin bertanya, saya baru download python tapi kenapa idle ga bisa dibuka ya? Startup failure gitu, saya udah coba beberapa saran yang saya temukan dari internet mulai dari cek file ".py" tidak ditemukan, saat download pun antivirus saya sudah dimatikan, dan dibagian task manager program tidak sedang running (karena memang baru di download), kira-kira kenapa ya? Mohon bantuannya, Pak, terimakasih

    BalasHapus

Saran artikel untuk Anda !

ASUS ZenBook UX333, UX433 & UX533 | The World's Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop

Om Suastyastu, Sekarang ASUS sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. ASUS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang...