Perulangan (Looping) dengan DO WHILE di C++

14.33
Om Suastyastu,

Perbedaan antara Perulangan dengan DO WHILE perulangan dengan FOR dan WHILE 


Uahhhemmmmmm. Usir semua rasa malas dan mulai memposting lagi . Baiklah kali ini saya muncul dengan wajah lama yaitu tentang Perulangan dengan DO WHILE di C++ yang saya pelajari di Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung. Ini merupakan cara terakhir untuk melakukan perulangan selain FOR dan WHILE. Pasti kalian bertanya-tanya apa si bedanya ketiga jenis perulangan tersebut ???  sebenarnya saya juga tidak terlalu mengetahuinya namun setelah negara api menyerang dan saya mulai mencari di tumpukan jerami saya pun menemukan sedikit perbedaan antara DO WHILE dengan perulangan yang lain selain, penulisannya yang berbeda yaitu :

  1. Jika kita menggunakan DO WHILE maka statement akan dijalankan terlebih dahulu dan pengecekan kondisi dilakukan di akhir perulangan;
  2. Pada DO WHILE statement pasti akan dijalankan satu kali walupun kondisi nya salah berbeda dengan FOR dan WHILE yang statement dijalkan apabila kondisi benar atau true.

Itulah sedikit yang saya ketahui tentang perbedaan antara DO WHILE dengan perulangan yang lainnya.

Stuktur Penulisan DO WHILE di Bahasa Pemrograman C++


Untuk menggunakan perulangan dengan jenis DO WHILE di C++ kita harus mengetahui bagaimana srtuktur dasar penulisan DO WHILE di bahasa pemrograman C++ karena pondasi yang kuat dibutuhkan untuk membuat suatu bangunan yang kokoh wkwkwkwk hadeh makin ngelindur , intinya struktur dasar penulisan DO WHILE di C++ adalah :

Inisialisasi
do {
Statement1;
Statement2;
}while(kondisi);

Pedek banget ya ? emang pendek kok kawan semua yang dasar emang pendek yang menyebalkan itu kalu sudah dikembangkan bisa menjadi 10 kali lipat lebih panjangnya wkwkwk.

Contoh Program Perulangan Menggunakan DO WHILE di C++

Program Menampilkan Bilangan Ganjil


#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
    int i,g,r;
    cout<<"PERULANGAN BILANGAN GANJIL"<<endl<<"Masukan Jumlah yang Ingin ditampilkan = ";
    cin>>g;
    cout<<"=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+"<<endl;
    r=1;
    i=1;
    do{
        cout<<r<<" ";
        r=r+2;
        i=i+1;
    }while(i<=g);
    cout<<endl<<endl<<"=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+"<<endl;
    cout<<endl<<endl<<"Programnya udah selesai Gan Salam BLOGGER!!!"<<endl<<endl;

return 0;
}

hasilnya :



UWAhahaha Akhirnya selesai deh bahas tentang DO WHILE walaupun hanya sedikit yang bisa saya bagikan tapi mungkin bisa membantu teman-teman sekalian yang masih belajar sama seperti saya karena itu jangan pernah menyepelekan sesuatu yang mungkin saja akan menjadi sesuatu yang besar wkwkwkw makin ngaco dan enggak jelas yang penting asik saya minta maaf jika ada kesalahan atas Kunjungannya saya berterima kasih dan Salam BLOGGER!!! Keep Lern and Share!!!

Om Santi, Santi, Santi Om


Previous
Next Post »
0 Komentar

Saran artikel untuk Anda !

ASUS ZenBook UX333, UX433 & UX533 | The World's Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop

Om Suastyastu, Sekarang ASUS sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. ASUS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang...