Perulangan dengan While di c++

11.08
Om Suastyastu,

Pada postingan terdahulu saya telah membagikan beberapa program perulangan menggunakan FOR kali ini saya akan menjelasakan membuat perulangan menggunakan WHILE yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perulangan menggunakan FOR mungkin perbedaan yang mencolok pada cara penulisannya yang sedikit berbeda yaitu :

while(kondisi){

statement1;
statement2;

}

atau agar mudah dimengerti :

while(syarat){
intruksi;

}
saya beri satu gambar wallpaper looping/perulangan dengan while di c++ yang bertema dark agar teman sekalian bisa menghafal dengan cara yang berbeda

biansanya dalam perulangan ada 3 unsur yang paling penting yaitu
1. inisialisasi = pemberian nilai awal cth. a=1
2. jumlah interasi / banyaknya perulangan = jumlah perulangan yang akan terjadi atau dilakukan . biasanya dibatasi dengan sebuah kondisi cth. a<=5
3. perubahan nilai pencacah cth. a=a+1 , a++

suatu perulangan while akan dijalankan bila kondisi bernilai benar dan jika bernilai salah maka proses keluar dari perulangan dan pertanyaan nya bagai mana cara membuat suatu perulangan berhenti ? itulah fungsi perubahan nilai pencacahan sehingga nili pencacah tidak sesuai dengan kondisi dan akhirnya pun program dilanjutkan ke instruksi selanjutnya.

contoh program perulangan dengan menggunakan WHILE

yaitu :


Disini saya akan membuat sebuah program sederhana perulangan dengan menggunakan WHILE dengan c++ yang dimana saya ingin program menampilkan Hello World !!! sebanyak 5 kali. Kalian yang sudah pernah belajar pemrograman pasti tidak asing dengan program hello world bahkan kata pembimbing saya kalau belum pernah membuat program Hello World belum bisa dibilang programmer sejati wkwkwkwk. Oke langsung saja kita ke programnya :

#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
    int a;

    a=1; /*inisialisasi awal*/
    while(a<=5)/*kodisi atau jumlah interasi*/{
        cout<<"Hello World"<<endl;/*statement/instruksi*/
        a=a+1; /*perubahan nilai pencacah*/
    }
return 0;
}

keterangan : warna merah script c++ dan warna abu-abu untuk komentar

hasilnya :

Untuk membuat program di atas saya menggunakan program codeblock yang bersifat open source dan dapat berjalan di linux bahkan windows. Jika kalian belum bisa kalian bisa mengunjungi postingan saya sebelumnya yaitu :


sekian postingan saya kali ini jika ada kekurangan saya minta maaf. Jangan lupa untuk memberikan komentar di kolom yang sudah disediaakan. Salam BLOGGER!!!, Salam Open Source!!!.

Om Santi,Santi,Santi Om.




Previous
Next Post »
0 Komentar

Saran artikel untuk Anda !

ASUS ZenBook UX333, UX433 & UX533 | The World's Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop

Om Suastyastu, Sekarang ASUS sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. ASUS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang...