Membuat User dan Mengatur Hak Akses User di Microsoft SQL Server

03.54
Om Suastyastu,

Haiii, para programmer  yang haus akan ilmu, kali ini saya akan membahas tentang Microsoft SQL Server yang merupakan sebuah software yang berjalan pada server yang memiliki fungsi untuk membuat, memodifikasi atau menghapus sebuah database.

Yang akan kita bahas kali ini adalah cara untuk mengubah autentifikasi ketika kita mengakses Ms SQL Server agar lebih aman serta cara membuat user baru pada Ms SQL Server. Hal ini sangat penting ya kawan-kawan karena security database itu sangat penting. Karena data yang ada pada database itu ada yang bersifat rahasia dan tidak boleh di akses oleh orang luar tanpa seizin pengembang, yang dapat merugikan kita.

Kalian pasti tidak mau data kalian atau data sebuah perusahaan yang kalian kelola dapat diakses orang luar dan bahkan diubah oleh orang lain. Maka dari itu kita perlu mengatur siapa saja yang bisa mengakses Ms SQL Server dengan cara mengatur Autentifikasi Modenya dan Membuat user yang bersifat rahasia dengan hak akses yang menesuaikan.

oke kita langsung saja ke topik pertama, yaitu :

Mengatur Autentifikasi Mode Ms. SQL Server

Cara mengganti autentifikasi mode untuk login ke SQL server adalah dengan cara :

  1. Masuk dan login ke dalam database SQL Server melalui SQL Server Manajement Studio.
  2. Klik kanan pada Database server di object explorer lalu pilih properties.
  3. Setelah itu akan muncul jendela Server Properties lalu pilih Server autentication yang ingin digunakan lalu pilh ok. 
  4. Perbedaan dari Windows Autentication dengan SQL Server Autentication mode adalah Windows Autentication merupakan sebuah cara login ke database yang dapat dilakukan dengan cara kita sudah login dari windows dan SQL Server Autentication mode adalah sebuah mode Autentication yang dimana database bisa diakses hanya jika memiki account login.

Cara Membuat User Login baru di Ms. SQL Server 

Langkah-langkah membuat user baru adalah :
  1. Masuklah ke akun administrator misal disini akun administratornya windows authentication maka login menggunakan windows authentication mode.
  2. Lalu untuk menambahkan user klik pada tanda plus folder Security lalu kanan pada loging pilih new login.
  3. Maka akan muncul jndela login – new isikan nama login lali lalu pilih modenya contoh SQL Server Autentication maka diminta untuk memasukan password setelah itu pilih ok.
  4. Setelah itu makan akan muncul seperti gambar di bawah :
  5. Jika kita ingin mengatur hak akses suatu user maka buka akun dengan double klik yang akan diubah hak aksesnya lalu ceklis hak akses mana yang diberikan contoh public dll. Lalu pilihlah ok.
  6. Lalu pada user mapping pilihlah database yang dapat diakses oleh suatu akun. Lalu pilih dibagian bawah adalah hak akses akun ini terhadap suatu database. Lalu pilih ok.
  7. Lalu pada status di bagian permission connect to database pilih Grant lalu pada loginnya pilih enable.Jangan lupa menekan tombol save atau ctrl+s.
Untuk lebih lengkapnya kalian bisa lihat file dibawah :


atau bisa download modul Membuat User dan Mengatur Hak Akses User di Microsoft SQL Server.

Sekian postingan kali ini semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua. see you next time.
Salam BLOGGER!! Buang Rasa Malas Mu dan Teruslah Berbagi Kebaikan!!!

Om Santih, Santih, Santih Om.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Saran artikel untuk Anda !

ASUS ZenBook UX333, UX433 & UX533 | The World's Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop

Om Suastyastu, Sekarang ASUS sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. ASUS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang...