Pengenal Bahasa Pemrograman C# (C sharp)

14.44

Pengenal Bahasa Pemrograman C# (C sharp)


Om Suastyastu,

C# merupakan sebuah bahasa pemrograman berorientasi pada objek yang dikembangkan oleh Microsoft. C#(Di baca C sharp) dibangun dengan berbasiskan bahasa pemrograman C++ bahkan sangat mirip lo kawan-kawan jadi kalian yang sudah pernah mencoba atau bahkan sudah mahir dalam menggunakan bahasa pemrograman C++ tidak akan kesulitan dalam menggunakan bahasa pemrograman C# jadi jangan khawatir. C# juga dipengaruhi beberapa bahasa pemrograman lainnya seperti Delpi, Java dan VB dengan beberapa penyederhanaan pastinya.

Pemrograman C# ini sangat bergantung pada .NET Framework, yang merupakan librari untuk C#, sehingga untuk menjalankan aplikasi yang kita buat dengan menggunakan bahasa Visual C# kita harus mengistall terlebih dahulu .NET Framework. Terus bagaimana nasib pengguna Linux ? tenang untuk pengguna Sistem Operasi Berbasis Linux jangan khawatir karena saya juga di Lab Jarkom Politeknik Negeri Lampung menggunakan Linux tepatnya Xubuntu 14.04 tetap bisa menggunakan bahasa pemrograman ini dengan menggunakanaplikasi Mono Developer kalo enggak salah.

Dengan menggunakan bahasa C# dalam Visual Studio kita didukung untuk Visual C# termasuk Didalamnya Proyek template, desainer, halaman propeti, kode, model objek dan firtur lain yang di dukung oleh pengembang. Bahasa Pemrograman C# dibangun dengan tujuan general pupose. Untuk belajar dengan aplikasi Windows sendiri pasti berbayar ya aplikasi nya ? Tenang kali ini Windows tau diri dan dalam mengeluarkan aplikasi ini Microsoft menyediakan vesi Free Visual C# Express Edition yang dapat di unduh di website resmi Microsoft.

Sejarah Singkat C#

Agar mengenal lebih dalam tentang bahasa pemrograman C# mari kita membahas tentang sejarah C#.  Sebelum membuat bahasa pemrograman C# Microsoft sendiri pernah mengembang sebuah program Microsoft Visual J++ sebagai langkah percobaan untuk menggunakan Java di dalam OS Windows, untuk meningkatkan anatarmuka dari Microsoft Component Objek Model (COM) Wow mungkin itu adalah sebuah proyek yang besar ya kawan ? Namun karena ada masalah dengan pemegang hak cipta bahasa pemrograman Java, Sun Microsystems, Microsoft akhirnya menghentikan pengembangan J++, dan memilih untuk membuat penggantinya kompilernya dan mesin virtualnya sendiri dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat general pupose. Ini lah awal dan penyebab Microsoft mulai membuat bahasa pemrograman C# kawan .

Untuk menangani proyek ini Microsoft merekrut Anders Helsberg, yang merupakan mantan karyawan Borland yang membuat bahasa Turbo Pascal, dan Borland Delphi, yang juga mendesain windows Foundation Classes (WFC) yang digunakan dalam J++. Sunguh super sekali orang ini ya hehehehe?. Apakah proyek besar itu berhasil? Berhasil dong tepatnya sebagai hasil dari usaha tersebut C# pun pertama kali diperkenalkan pada bulan juli 2000 sebagai sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek yang menjadi sebuah bahasa pemrograman utama di dalam pengembangan platform Microsoft .NET Framework.

Agar mampu mempromosikan penggunaan besar-besaran dari bahasa C#, Microsoft dengan dukungan Intel Corporation dan Hewlett-Packard, mencoba mengajukan standarlisasi terhadap bahasa C#. Akhirnya pada bulan Desember 2001, standar pertama pun diterima oleh European Computer Manufacturers Association atau Ecma internasional, dengan nomor standar ECMA-334. Pada Desember 2002 standar kedua pun diadopsi oleh ECMA dan tiga bulan kemudian berarti sekitar bulan Maret 2003 mungkinya? Diterima oleh International Organization for Standardization (ISO), dengan nomor standar ISO/IEC 23270:2006. Ternyata kawan bahasa pemrograman pun perlu diakui oleh badan internasional apa lagi kita tapi kalo kita oleh siapa ya???


Kekurangan Bahasa Pemrograman C#

  1. Banyaknya operator fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan contoh pada C++ cout>> tapi pada C# Console.Write();  enggak bisa apa ya cuman cw gitu ,sangat panjang ya kawan wkwkwk.
  2. Bahasa pemrograman C# besifat case sensitif hadeh manja banget ni bahasa pemrograman wkwkwk.
  3. Bagi pemula akan sangat kesulitan dalam belajar bahasa pemrograman ini jadi saya sarankan belajar C++ dulu ya biar gampang mau belajar bahasa pemrograman yang lain.

Hadeh sebenarnya kelemahan diatas Cuma curhatan saya saat menggunakan bahasa pemrogaraman C# semoga pihak Microsoft melihatnya wkwkwk.

Kelebihan Bahasa Pemrograman C#

Di setiap kelemahan pasti ada kelebihannya kawan  dan apa saja si kelebihan bahasa pemrograman C#? Kali ini saya akan mengpas tuntas hal tersebut :

Bersifat portable dan fleksibel untuk segala jenis komputer
Artinya bahwa bahasa C# yang telah dibuat di suatu komputer dapat di edit lagi dengan menggunakan komputer lain.

Mudah dipahami 
Hal ini memudahkan programer karena bahasa ini berbasiskan bahasa C++ dan bahasa ini juga tidak berorientasikan pada mesin sehingga jika ditemukan masalah akan sangat cepat menyelesaikannya.

Tranferable 
Karena bahasa emrograman ini berbasiskan  bahasa c maka memanfaatkan kelebihan dari bahasa c bahasa ini juga mudah untuk di transfer ke dalam bahasa lain seperti Java,PHP, dan C++.

Jenis-jenis applikasi yang dapat dibuat dengan C#

Ada beberpapa jenis aplikasi yang dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C# yaitu :
1. Windows Form Application
2. Class Library
3. WPF Application
4. WPF Browser Application
5. Console Application

Untuk saat ini saya sarannkan bagi yang pemula belajar membuat console aplication karen dengan membuat console application kalian akan lebih fokus terhadp code programnya C# saja. Beginilah tampilannya saat saya ingin membuat projek baru di Microsoft Visual C# 2008 Express Edition.


Struktur dasar penulisan Program C#

Secara hirarki program C# terdiri dari namespace => class =>method dan data contoh :
namespace
{
class
{
Data
Method
}
}
Langsung saja kita lihat program pemula Hello World wkwkwk karena sebelum kita membuat program hello world kita belum bisa disebut programer sejati kwkwkwkw.
namespace HelloWorld
namespace HelloWorld
{    class Program
    {        static void Main(string[] args)        {            Console.WriteLine("Hello World!!!");            Console.WriteLine("By I Gede Arya Surya Gita");        }    }}

Penjelasan :  dalam pemrograman C# minimal harus terdiri dari satu class dan satu method Main().

Cara Membuat Program dengan Microsoft Visual C#

Untuk menjalankan program di atas kalian bisa menggunakan Mono Develop atau Microsoft Viual C# tapi untuk kali ini akan kita coba dengan Microsoft Visual C# 2008 langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi Microsoft Visual C# lalu pilih menu file => new project atau ctrl+shift+n => lalu akan muncul jendela New Project pilih isi name dengan nama aplikasi yang akan kalian buat lalu pilih jenis template dengan Console Application lalu pilih OK.
  2. Secara otomatis kode dasar akan ditampilkan pada lembar kerja sehingga kita hanya perlu menambahkan  isi programnya mudah kan ya mudah lah pakek aplikasi si wkwkwk. Sehingga menjadi :
  3. Klik menu Debug lalu pilih start debugging atau bisa dengan tekan f5 untuk menjalankan program. Hasilnya ??? langsung keluar ya wkwkwkwk tambahkan code Console.ReadKey(); di akhir isi program menjadi :



Sekian untuk postingan kali ini saya ucapkan terima kasih karena sudah berkunjung ke blog ini . jangan lupa kritik dan saranya di kolom komentar ya kawan. Salam BLOGGER!!!.

Om Santi,Santi,Santi Om.

(Referensi : Wikipedia.com, teknojurnal.com, azura-site.blogspot.com)


Previous
Next Post »
0 Komentar

Saran artikel untuk Anda !

ASUS ZenBook UX333, UX433 & UX533 | The World's Smallest 13, 14, 15 Inch Laptop

Om Suastyastu, Sekarang ASUS sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. ASUS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang...